Wednesday, May 26, 2010

Omni Hyperlink



Kami juga merasa tertantang untuk mencoba melakukan komparasi antara antena Omni buatan Amerika yakni merk Hyperlink 15db freq 2,14GHz dengan antena Omni Slotted 19db Lokal. Dalam test, perangkat yang kami pakai juga sama dengan sebelumnya, yakni Radio Zinwell ZW2194 dan PCMCIA Wireless adapter Atheros NL-3054CB Plus Aries, juga radius jangkauan antara notebook dan antena Omni Hyperlink USA tetap 372 meter (jarak optical LoS).
Dengan test menggunakan software Netstumbler, ternyata hasil yang diperoleh cukup memukau, hasil kekuatan sinyal yang diperoleh adalah +24, jadi masih bagusan Omni buatan lokal dengan selisih diatas 2 point, dimana Omni Lokal diperoleh +26.
Kemudian pada test ping waktu tempuh rata-rata paket data 5ms, dan hampir tanpa Request Time Out (RTO). Kami ping lagi dengan memberi beban 50000 byte, hasilnya waktu tempuh rata-rata paket 250ms, dan 8 persen paket mengalami RTO. Dari hasil test ping diperoleh kesimpulan bahwa kedua antena memiliki nilai sama. Kesimpulan akhir kekuatan sinyal memang masih unggul Omni buatan Indonesia, namun untuk test ping, diperoleh nilai yang sama diantara keduanya, so.. dengan harga Omni lokal yang jauh lebih murah dan polarisasi horisontal yang dimilikinya, maka antena ini patut mendapatkan nilai plus dibanding antena buatan negeri Uncle Sam

No comments:

Post a Comment

 

#######